DASAR SEGMENTASI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS YAITU


Dalam menyusun strategi segmentasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dasar yang paling tepat untuk membagi pasar. Sembilan katagori utama karakteristik konsumen yang menjadi dasar untuk melaksanakan segmentasi adalah:






A. Segmentasi Geografis (Keadaan alam, pantai, desa, dingin, dan cuaca)

Pada segmentasi Geografis, pasar yang dibagi menurut tempat. Teori dalam strategi ini adalah bahwa orang yang tinggal di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal di daerah-daerahlain. Sebagai contoh, penjualan produksi makanan tertentu dan/atau bermacam-macam makanan lebih baik di satu daerah dari pada di berbagai daerah lain. Misalnya, nasi gudeg/nasi uduk penjualan paling baik di yogyakarta, pempek penjualan paling baik di palembang, buah apel penjualan paling baik di malang.
Segmentasi Geografis merupakan strategi yang berguna bagi banyak pelaku pemasaran. Menemukan berbagai perbedaan berdasarkan geografis relatif mudah untuk berbagi produksi Di samping itu, segmen-segmen geografis dapat dicapai dengan mudah melalui media lokal, yang mencakup surat kabar, TV, radio, dan majalah.

B. Segmentasi Demografis (Kependudukan)
     Karakteristik demografis yang paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar, di antaranya sebagai berikut:
  • Umur dan Tahap Daur Hidup  
Perusahan menggunakan segmentasi umur dan daur hidup, yakni menawarkan produk berbeda atau menggunakan pendekatan pemesanan yang berbeda untuk kelompok umur dan daur hidup berbeda.  Misalnya beberapa perusahan makanan ringan "ciki" membuat produknya untuk konsumsi anak anak dan remaja.
  •  Jenis Kelamin

    Perusahan menggunakan segmentasi jenis kelamin untuk memasarkan produknya, misalnya pakaian, kosmetik dan majalah. Banyak perusahan kosmetik, yang mengembangkan produk parfum yang hanya ditunjukan kepada para wanita atau kaum peria saqja.
  • Pendapatan (penghasilan)

    Pemasar produk telah lama menggunakan pendapatan menjadi segmentasi pemasaran produk dan jasanya, seperti mobil, kapal, pakaian, kosmetik, dan jasa transportasi. Banyak perusahan membidik konsumen kaya dengan barang-barang mewah dan jasa yang memberikan kenyamanan dan keselamatan ekstra, sebaliknya ada beberapa perusahan kecil yang membidik konsumen dengan level sosial ekonomi menengah ke bawah. 

Sekian artikel yang saya rangkum di atas semoga bermanfaat aamiin, apabila ada kata kata yang salah dan kurang sependapat di atas silahkan comentar di bawah terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DASAR SEGMENTASI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS YAITU"

Post a Comment