DASAR SEGMENTASI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS YAITU
Dalam menyusun strategi segmentasi, langkah pertama
yang harus dilakukan adalah memilih dasar yang paling tepat untuk membagi pasar.
Sembilan katagori utama karakteristik konsumen yang menjadi dasar untuk
melaksanakan segmentasi adalah:
A. Segmentasi Geografis (Keadaan alam, pantai, desa,
dingin, dan cuaca)
Pada segmentasi Geografis, pasar yang dibagi menurut
tempat. Teori dalam strategi ini adalah bahwa orang yang tinggal di daerah yang
sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa kebutuhan dan
keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal di
daerah-daerahlain. Sebagai contoh, penjualan produksi makanan tertentu dan/atau
bermacam-macam makanan lebih baik di satu daerah dari pada di berbagai daerah
lain. Misalnya, nasi gudeg/nasi uduk penjualan paling baik di yogyakarta,
pempek penjualan paling baik di palembang, buah apel penjualan paling baik di
malang.
Segmentasi Geografis merupakan strategi yang berguna
bagi banyak pelaku pemasaran. Menemukan berbagai perbedaan berdasarkan
geografis relatif mudah untuk berbagi produksi Di samping itu, segmen-segmen
geografis dapat dicapai dengan mudah melalui media lokal, yang mencakup surat
kabar, TV, radio, dan majalah.
B. Segmentasi Demografis (Kependudukan)
Karakteristik demografis yang
paling sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar, di antaranya
sebagai berikut:
- Umur dan Tahap Daur Hidup
Perusahan menggunakan segmentasi umur dan daur hidup,
yakni menawarkan produk berbeda atau menggunakan pendekatan pemesanan yang
berbeda untuk kelompok umur dan daur hidup berbeda. Misalnya beberapa
perusahan makanan ringan "ciki" membuat produknya untuk konsumsi anak
anak dan remaja.
- Jenis
Kelamin
Perusahan menggunakan segmentasi jenis kelamin untuk memasarkan produknya, misalnya pakaian, kosmetik dan majalah. Banyak perusahan kosmetik, yang mengembangkan produk parfum yang hanya ditunjukan kepada para wanita atau kaum peria saqja.
- Pendapatan
(penghasilan)
Pemasar produk telah lama menggunakan pendapatan menjadi segmentasi pemasaran produk dan jasanya, seperti mobil, kapal, pakaian, kosmetik, dan jasa transportasi. Banyak perusahan membidik konsumen kaya dengan barang-barang mewah dan jasa yang memberikan kenyamanan dan keselamatan ekstra, sebaliknya ada beberapa perusahan kecil yang membidik konsumen dengan level sosial ekonomi menengah ke bawah.
0 Response to "DASAR SEGMENTASI GEOGRAFIS DAN DEMOGRAFIS YAITU"
Post a Comment