JENIS JENIS CEK LENGKAP SEMUANYA

C. Jenis Jenis cek

     Dalam lalu lintas perdagangan di kenal beberapa jenis cek, yaitu sebagai berikut;






  1. Cek bersilang atau bergaris miring.
     Cek bersilang (crossed cheque) adalah cek yang diberi dua garis sejajar dengan posisi miring pada sudut sebelah kiri dibagain muka cek. Kedia garis sejajar pada posisi miring inilah yang disebut cross. Pemberian tanda/kode silang ini dimaksudkan untuk keamanan dari berbagai jenis kejahatan yang mungkin bisa terjadi, karena cek semacam ini tidak dapat dibayar dengan tunai.
  2. Cek mundur
     Cek mundur adalah suatu cek yang diterbitkan pada hari itu, namun tanggal ya mundur. Misalnya, cek yang diterbitkan tanggal 15 agustus 2015, tetapi pada ceknya ditulis tanggal  6 oktober 2015. Maksud dibuatnya cek mundur tersebut adalah untuk memperpanjang waktu berbedanya, sehingga melebihi jangka waktu berbedanya, sehingga melebihi jangka waktu 70 hari.
  3. Cek Kosong
    Cek kosong adalah cek yang dikeluarkan oleh seseorang, tetapi pada saat akan dicairkan/diuangkan, ternyata oleh bank yang bersangkutan ditolak, karena dana nasabah yang bersangkutan tidak mencakupi/kosong, atau rekeningnya telah ditutup
  4. Cek melambung (cek yang dikembalikan)
    Cek yang dilambungkan kembali artinya, cek yang ditolak penguangan atau pembayaran oleh Institusi keuangan.
  5. Cek Perjalanan (Travelle's cheque)
    Traveller's cheque digunakan oleh orang orang yang sedang berpergian atau dalam perjalanan. Biasanya cek ini dibuat sebagai alat untuk mengambil uang di bank-bank tertentu. Traveller's cheque di keluarkan dalam mata uang yang nilainya kuat dan stabil, seperti US Dolar, Pound Sterling, yen, dan sebagainya. Manfaat cek perjalanan bagi orang yang sedang berpergian, yaitu sebagai berikut.
    • ) Tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar, sehingga tidak merepotkan selama menikmati perjalanan
    • ) Lebih aman dari resiko perampokan atau kehilangan uang.


    http://yiziep.blogspot.com

    Bank draft
    Bank draft atau Bnkker's draft adalah surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank penerbit draft tersebut kepada pihak lainnya (tertarik), untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang tertentu atau orang yang ditunjukan pada waktu yang telah ditentukan. Bank draft ini merupakan cek, namun sumber dana pembayarannya adalah bersasal dari rekening bank penerbit, bukan dari rekening nasabah perorangan, wasel aksep diperlukan sama dengan cek, yaitu prosedur pencairanya melalui lambang kliring setempat.


    Sekian artikel yang dapat saya rangkum , Semoga bermanfaat aamiin, apabila ada kata yang salah dan kurang sependapat dari rangkuman diatas silahkan komentar di bawah, Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "JENIS JENIS CEK LENGKAP SEMUANYA"

  1. PENGUMUMAN !

    Pelajari Bagaimana Caranya Hasilkan Jutaan Hingga Puluhan Juta Per Bulan
    Bisnis Online 100% Legit Dan Terbukti Membayar Ke Rekening Bank !

    KLIK DISINI : https://tinyurl.com/y3tdelyk

    ReplyDelete