MANFAAT DAN KHASIAT JAMUR KUPING

JAMUR KUPING adalah jamur yang unik dan memiliki bentuk seperti mangkuk atu seperti kuping kucing dan bisa juga daun telinga manusia (kuping). Dari bentuknya tersebut orang orang indonesia menyebutnya jamur kuping. Sedangkan orang sunda menyebutnya dengan supa/suma lember. Tubuhnya yang kenyal jika dalam keadaan segar, namun pada keadaan kering tubuh dari jamur kuping ini akan menjadi keras seperti tulang. 





Jamur kuping merupakan salah satu kelompok jelly fungi dan mempunyai tekstur yang kenyal yang unik. Jamur kuping memiliki diameter 2-15 cm dan tips berdaging, warna tubuh jamur ini pada umumnya hitam atau coklat kehitaman akan tetapi ada pula yang memiliki warna kecoklatan tua.

Jamur kuping juga merupakan salah satu jamur konsumsi yang umumnya dikeringkan terlebih dahulu, dan kemudia di rendam dengan air dalam waktu relatif singkat sehingga jamur ini akan kembali seperti bentuk dan ukuran segarnya. Jamur kuping sangat enak jika dijadikan berbagai makanan dan masakan, seperti di bikin keripik kering, sayur sop, nasi goreng, bakmi dan masih banyak lainnya. Karena rasaya yang lezat, maka banyak orang yang menyukai jamur kuping sampe orang orang indonesia tau makan jamur kuping tersebut bisa di cari di mana saja dan enak rasaya masalah harga, itu terjangkau sekali sangay murah meriah.

Kandungan Nutrisi jamur kuping sendiri terdiri kadar air, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu dan nilai energi sebesar 351 kali. Kandungan Lemak di dalam jamur kuping, lebih dari 72% lemak dalam jamur kuping ini termasuk unsaturated sehingga aman dan sehat jika dimakan. Vitamin di dalam jamur ini terdiri atas thiamine (vit.B-1), riboflavian (vit-B-2), naisin, biotin, Vitamin C, dan lain lain.



 

 https://yiziep.blogspot.com/2019/08/jenis-jenis-surat-perizinan-usaha.html


MANFAAT DAN KHASIATNYA JAMUR KUPING YAITU SEBAGAI BERIKUT :
  1. Mengurangi penyakit panas dalam dan rasa sakit pada kulit akibat luka bakar
  2. Mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah
  3. Mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi)
  4. Mempelancar buang air besar
  5. Mengobati penyakit wasir (ambeien)
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh
  7. Menguatkan syaraf
  8. Dapat mengurangi setress
  9. Berfungsi untuk sebagai antioksidan
  10. Penawar racun bila jamur kuping dipanaskan (dimasak) dapat menjadi kental maka lendir yang dihasilkan tersebut memiliki khasiat sebagai penangkal zat zat raccun yang terbawa dalam makanan, baik dalam bentuk racun nabati, racun pestisiada, maupun racun berbentuk logam berat. Manfaat jamur kuping ini telah diketahui sejak ratusan tahun yang lalu oleh bangsa tiongkong. Hampir semua ramuan masukan cina jamur kuping selalu ditambahkan untuk tujuan menonaktifkan racun yang terbawa oleh makanan
  11. Menghambat pertumbuhan karsinoma kandungan senyawa yang terdapat dalam lendir jamur kuping sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma.
  12. Penurun kolestrol dalam tubuh, lendir jamur kuping dapat menonaktifkan atau bisa juga menetralkan kolestrol.
  13. Dan kekurangan (anemia)

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, apabila ada kata kata yang salah atau kurang sependapat dalam rangkuman artikel di atas silahkan komentar di bawah, Terima kasih:)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "MANFAAT DAN KHASIAT JAMUR KUPING"