MANFAAT SAYUR BAGI KESEHATAN TUBUH

Sayur merupakan jenis tumbuhan yang bisa atau dapat dimakan, yang kaya dengan manfaat bagi tubuh manusia. Sayuran dapat kita jumpai di pasar- pasar tradisional, supermarket, minimarket, dan swalayan swalayan.
Sayuran kebanyakannya warna hijau, tetapi juga sayuran yang berwarna lainnya banyak manfaatnya juga loh, seperti warna orange, merah, kuning dan lain lainnya. Taukah anda bahwa ternyata warna tersebut memiliki kandungan khusus (memiliki manfaat tersendiri) bagi kesehatan tubuh manusia. Dan langsung saja kita rangkum sayuran apa saja yang bermanfaat dan banyak khasiatnya.







Sayur Brokoli.
BROKOLI adalah tanaman sayur yang berbentuk mirip bunga kol tetapi lebih lembut dan berwarna hijau tua serta memiliki tekstur berserat. Brokoli ini memiliki bahasa latin yaitu Brassica Oleracea sering ditanam di daerah dingin. Memang brokoli ini sudah sejak lama di budidayakan di daerah timur tengah, sedangkan di indonesia mulai dikenal sejak tahun 1970-an. Sampai keberadannya sangat digemari oleh masyarakat indonesia.
Manfaatnya yaitu:
Mengatasi semua masalah lambung, brokoli diyakini dapat mencegah kanker seluruh pencernaan, sembelit dan kanker kandung kemih, seperti kita tahu bahwa serat dibutuhkan oleh tubuh dengan sebutan sembelit, karena brokoli kaya dengan seratnnya, nutrusi, dan fivonoid yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke, meremajakan kulit, dan meningkatkan daya kerja otak.






Kentang 
KENTANG merupakan tanaman umbi yang tumbuhan dan dibudidayakan di daerah dingin oleh sebab itu tanaman kentang dapat anda jumpai di daerah-daerah atau sekitar kaki gunung. Umbi kentang yang berasal dari Amerika selatan  tersebut di indonesia sudah menjadi kebutuhan pokok loh , oleh karena itu tanaman kentang merupakan tanaman pendek tidak berkayu (herba) semusim. Kentang juga dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan loh, salah satunya adalah kentang balado, perkedel keripik kentang dan lain sebagainya. Karena kentang dapat di buat berbagai jenis masakan, tidaklah heran kentang ini sangat populer di masyarakat indonesia.
Manfaatnya yaitu:
Menghilangkan endapan kolestrol, kandungan potasium kentang dua kali lipat dari kandungan potassium dalam pisang dan fiber. Radang otot dan persendian, menghilangkan noda hitam atau bengkak pada mata, melembutakan dan memutihkan tangan, kandungan potasium dan vitamin C pada kentang sangat cocok untuk perawatan wajah berminyak.

https://yiziep.blogspot.com/2019/04/apa-yang-dimaksud-dengan-line-extensions.html






Mentimun 
MENTIMUN adalah salah satu jenis tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika blom mateng atau masak bener sekali untuk dijaikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagi daerah mapun seluruh dunia dan memiliki kandungan cair cukup banyak di dalamnya sehingga ketika saat memakannya serasa sejuk. Mentimun juga dapat diolah berbagai jenis masakan salah satunya sayur lodeh, kredok atau pecel dan bahkan paling enak bisa juga di makan mentahnya sebagai bahan makan cemilan.
manfaatnya yaitu:
Meurunkan kolestrol, menghilangkan stres dalam pikiran, melancarkan buang air besar, menurunkan berat badan, meningkatkan stamina karena kadar air dalam buah mentimun sangat tinggi maka mentimun mentah dapat menurunkan panas dalam dan meningkatkan stamina, meningkatkan ketebalan tubuh karena mengandung kukurbitasin C yang berkhaisat meningkatkan ketebalan tubuh, obat awet muda karena pada biji mentimun mengandung banyak vitamin E maka ini sangat baik untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput.







Paprika 
PAPRIKA adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas, buahnya yang berwarna, hijau, merah atau ungu sering digunakan sebagai campuran salad. Tumbuhan paprika umumnya tumbuh setingi 50 cm - 150 cm. Tanaman ini cocok di berbagai iklim dan dapat tumbuh di berbagai belahan dunia. Di Indonesia banyak dibudidayakan di daerah udara sejuk, daerah tersebut adalah bandung,Cianjur, bogor, Garut, kota baru, Bedugul, wonosobo dan Nusa tenggara timur. Tanaman berasal dari Amerika selatan ini, dapat diolah menjadi berbagai olahan sebagai campuran salad, seperti tumis paprika udang, tumis paprika daging, dan lain sebagainya. Selain dapat dijadikan bahan olahan buah paprika ini juga banyak vitaminya loh guys, ada menganndung Vitamin A, B1,B2, dan C (150 - 250mg/100 g), protein, lemak, karbohidrat, zat besi, naicin, askorbat, kalori, kalsium, dan naisin. semua itu merupakam zat penting bagi paprika
manfaatnya yaitu: 
  • Meningkatkan daya imunitas tubuh, karena kaya denagn akan vitamin dan zat lainnya yang sangat dibutuhkan tubuh, maka paprika sangat baik untuk meningkatkan daya imunitas tubuh.
  • Mencegah penyakit mata, paprika juga kaya akan vitamin A dan vitamin A juga sangat penting dan diperlukan tubuh untuk menceah penyakit mata, pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit.
  • Meningkatkan jumllah sperma, konsumsi likopen pada paprika merah menyakini dapat meningkatkan kualitas seksual. Likopen diyakini meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki struktur sperma dan meningkatkan agresivitasinya.
  • Membangun regenerius sel tubuh
  • Menurunkan kadar gula darah dan penyakit telinga juga menumbuhkan rambut. Ekstra paprika adalah menyuburkan rambut terbaik sekaligus menumbuhkan rambut baru.








Tomat 
TOMAT merupakan salah satu jenis sayuran buah yang digemari oleh setiap orang karena rasanya enak, segar dan asam asam manis. Buah tomat berbentuk bulat dan aga lonjong sedikit, warna kulitnya buah tomat muda berwarbna hijau dan setelah sudah mateng/ tua akan berwarna merah sampai ke dalam dan mengandung air yang lumayan banyak biji tomat berukuran sangat kecil sama kaya mentimun, kulitnya halus dan tidak berduri.  Tomat bisa tumbuh di berbagai daerah asalkan musimnya tidak musim hujan, harusnya musim kemarau saja karena tomat tiadk bisa beradaptasi terhadap tanah liat atau tanah di tambah pasir kalo ada hujan yang merusaknya untuk jadi atau pertumbuhan, akibatnya bisa patal mati dan hanyut kebawa air.
Manfaatnya yaitu: 
Menurunkan kadar lemak dalam darah, mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekakanan darah, melemaskan otot bronchial, menghilangkan jerawat, mengobati diare dan mengatasi kegemukan.







Wortel
WORTEL merupakan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga. Bagian yang bisa dimakan dari wortela adalah bagian umbinya. Wortel termasuk tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) sehingga masuk pada tahun kedua akan muncul bunga, batang bunga setinggi sekitar 1m, dengan bunga berwarna putih. Kandungan yang terdapat dalam wortel adalah vitamin A, vitamin E dan bete carotene.
Manfaatnya yaitu:
 Membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, membantu pertahanan tubuh dari resiko kanker, terutama kanker paru - paru , mencegah kesulitan buang air, Membantu pandangan mata lebih bagus, kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel sangat baik pada mata terhadap cahaya yang terang.


 Ok terimakasih atas kunjungannya semoga artikel yang saya sampikn semoga bermanfaat, apabila ada kata kata atau kurang sependapat rangkuman diatas silahkan komentar di bawah. Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MANFAAT SAYUR BAGI KESEHATAN TUBUH"

  1. Wah terimakasih artikel ya sangat membantu info bagus lanjutkan

    ReplyDelete