MANFAAT SAYUR SAYURAN YANG BERWARNA HIJAU

Sayuran yang berwarna hijau
Komponen utama yang terkandung dalam sayuran hijau adalah klorofil. Klorofil ini mempunyai banyak khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Dikarnakan sayuran hijau memiliki banyak zat antiradang, antibakteri, antiparasit, antioksidan, dan anti kanker. Berikut adalah sayuran hijau beserta manfaatnya




1. SAYUR BAYAM
 Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang relatif akrab dikalangan ibu ibu. batangnya yang empuk dan berbentuk tegak, Tingginya bisa mencapai 50-60 cm. Batangnya sendiri mengandung air dan kurang berkayu serta batangnya dan seluruhnya berwarna hijau. Daunnya bertangkai berbentuk bulat telur, lemes, berwarna hijau, bunganya berbentuk bulir dan bijinya berwarna hitam, kecil dan keras. Karena sebagai sayuran, bayam bisa dijadikan berbagai macam model masakan rumah, seperti lodeh, sop, tumis juga bisa dan lain lian, dengan catatan direbus terlebih dahulu, bayam tidak bisa dimakan langsung mentahnya, kecuali wortel.
Manfaatnya zat besi terkandung dalam sayuran bayam sangat bermanfaat untuk penambah darah. Bagi yang memiliki penyakit anemia, kurang darah, maka sebaiknya perbanyak makan sayuran hijau yaitu seperti sayuran bayam. Bayam juga sangat bermanfaat lagi untuk melancarkan ASI, melancarkan dahak memperkuat fungsi hati, mencegah panuan dan mengandung antioksida.

Bayam sangat bagus sekali bagi tubuh manusia, karena diketahui bahwa bayam banyak mengkonsumsi kandungan protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, klorofil, serta vitamin A,B, dan C. Dengan begitu bayam baik buat meningkatkan kinerja buat manusia dan melancarkan pencernaan, mengatasi tekanan darah rendah, anemia, memperkuat  akar rambut, membersihkan darah sehabis melahirkan bagi wanita, dan mencegah pengeroposan tulang.






2. SAYURAN SAWI 
Diantara banyak sayuran, sawi termasuk sayuran yang paling dikenal oleh masyarakat indonesia. Dimana sawi hijau merupakan tanaman semusim yang memiliki warna hijau segar, Ia mempunyai akar tunggung dengan banyak akar samping yang dengkal, batang tanaman sawi hijau halus, tidak berbulu, dan tidak berkorop dengan bagian ujungnya tumpul. Sayuran sawi ini mudah dibudidayakan karena mudah tumbuh diantara dataran rendah maupun dataran tinggi. Bila di tanam di suhu dingin tanaman sawi ini langsung berbunga cepat sekali, karena biasanya dipanen seluruh bagian tumbuhannya kecuali akarnya tidak bisa di masak.
Manfaatnya terkandung dalam sawi, bisa mencegah kanker seperti kanker payudara, kanker prosat, kanker ginjal,paru paru atau kanker kandung kemih,mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah (diabetes), menjaga daya tahan tubuh, membantu proses pencernaan.
Rasnya yang renyah, kenyal, segar di mulut, sedikit sekali rasa pahit selain enak ditumis atau dioseng, sawi juga bisa untuk mie ayam bakso atau restoran cina yang memperlulan kebanyakannya sawi karena mudah di temukan dan harganya pun sangat murah meriah sekali. Sawi hijau diketahui banyak mengandung serat vitamin A, Vitamin B, Vitamin B2, Vitamin C, kalsium, fosfor, tembaga, zat besi karbohidarat, lemak, mangan, folat, protein, dan serat.








3. BUNCIS
Kalau anda melihat gabar diatas ya mungkin anda tidak asing lagi dengan sayuran tersebut yaitu. Buncis, Buncis adalah salah satu jenis sayuran kaya akan protein dan vitamin yang sangat bermanfaat sekali bagi tubuh manusia. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buncis adalah stigmasterol, B-sitosterolo, 7,81% karbohidrat, 0,28% lemak, 1,77 protein, 2,07% serat kasar, dan 0,32% kadar abu, sehingga dianjurkan untuk mrngkonsumsi buncis,
termasuk sayuran berwarna hijau yang termasuk jenis kacang kacangan, bentuknya memanjang seperti kacang panjang tetapi lebih pendek. Ukurannya kurang lebih 15-20 cm, Postur tubuhnya sedikit kaku, sayur buncis ini banyak dijumpai di pasar pasar baik pasar tradisional maupu moderen seperti supermarket dan swalayan.
Buncis ditanam diawalan musim hujan, cara menanam dan perawatannya tidak jauh berbeda dengan kacang panjang, buncis dimanfaatkan sebagai sayuran segar, bisa diolah dengan berbagai resep makanan, seperti dilodeh, ditumis, sisop juga bisa bahkan di makan mentahnyapun bisa di coel dengan sanbal, dan selain di masak buncis juga bisa di buat jus yang segar buat tubuh. Manfaat buncis adalah mengobati diabetes, mencegah kanker saluran pencernaan, menguatkan tulang, dan memperlancar ASI.

Sekian arrikel yang dapat saya sampaikan se,oga bermanfaat bagi semuanya dan kalo ada kesalahan atau kurang sependapat dengan rangkuman saya silahkan komentar di bawah. Terima kasih
  

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "MANFAAT SAYUR SAYURAN YANG BERWARNA HIJAU"