PENGERTIAN INOVASI, KREATIFITAS, DAN MOTIVASI

Istilah Inovasi dalam organisasi pertama kali diperkenalkan oleh schumpeter pada 1934. Inovasi dipandang sebagai kreasi dan implementasi “kombinasi baru”. Menurut Schumpeter, inovasi adalah mengkreasikan dan mengimplementasikan sesuatu menjadi satu kombinasi. 

Seorang wirausaha yang kreatif dan inovatif akan mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi bisnis  saat anda penggan saat ini. Kenapa? Karena seorang wirausaha membuat produk yang sama dengan perusahaan lain. Inovasi yang berhasil adalah inovasi yang berasal dari sederhana dan terarah/fokus dan dapat diterapkan, kreativitas itu bahan bakunya dan inovasi merupakan hasil kombinasi/komersialnya.




Inovasi dalam bisnis  yang menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas adalah hasil dari tindakan yang berbeda memikul resiko mengubah peluang menjadi gagasa dan ide ide yang dapat di jual. Dalam proses penerapan kemampuan, menurut Kuaratko, ada beberapa jenis jenis inovasi yaitu:

  1. Invensi (penemuan baru)
  2. Ektensi (pengembangan diri yang sudah ada sebelumnya)
  3. Duplikasi (penggandaan, memperbanyak produk yang sudah ada)
  4. Sintensia (penggambungan atau mengkombinasikan konsep dan formula yang sudah menjadi suatu formula yang baru)


KREATIVITAS

Mungkin kita pernah menonton film Mr. Bean. Suatu hal yang menarika dari Mr, Bean adalah beliau selalu berhasil menemukan cara untuk memecahkan masalah dengan cara yang tidak kita terpikirkan/tidak terduga sebelumnya. Kreatif adalah berpikir secara luwes dan luas sehingga bisa menggabungkan ide-ide atau  gagasan yang sudah ada sehingga menjadi gagasan yang baru.


Wirausaha yang berhasil, selalu mengembangkan iklim kerjanya yang mendukung kerja kreativitas. Sementara itu, ia sendiri tumbuh dengan pesat.Mengemang bsinis bisnis ya yang sukses melesat bagaikan pesawat terbang.

Hal hal yang dapat menunjung kreativitas dapat dilakukan dengan cara komunikasi yang terbuka, mencoba ide ide baru, kenikmatan berkerja, menerima kebutuhan akan ada perubahan, mengutamakan laporan laporan pengawasan dan menyeimbangi peraturan yang sesuai dengan pekerjaan.


Berpikir kreatif erat berkaitannya dengan memunculkan alternatif-alternatif. Berpikir kertif dapat dipelajarai kapan saja dan dimana saja. Ciri ciri seorang yang berpikir kreatif, di antaranya sebagai berikiut :

  • Mandiri
  • Terbuka terhadap orang yang mau belajar dengannya
  • Melihat merasa tiak puas dengan apa yg dia buat dan melihat dengan tidak biasa
  • Rasa ingin tahu
  • Menerima peredaan
  • Objektif dalam pikiran dan bertindak secara teratur 
  • Percaya diri
  • Berani mengambil resiko Dan tekun



MOTIVASI 


Motivasi adalah kemauan untuk berbuat sesuatu, sedangkan motif adalah kebutuhan, keinginan, dorongan atau implus. Motivasi seseorang bergantung kepada kekuatan kepada motifnya. Agar lebih giat dalam usaha dan bekerja, kita perlu memiliki motivasi dengan berbagai cara. Pada umumnya tingkah laku manusia dilakukan secara sadar. Artinya, ia selalu didorong oleh keinginan untuk mencapai tujuannya tertentu.


Teori motivasi yang terkenal ialah teori Hirarki kebutuan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow. Teorinya tentang motivasi disarkan pada dua asumsi, yaitu : Kebutuhan seseorang bergantung dari apa yang dimilikinya Kebutuhan merupakan hirarki dilihat dari pentingnya.


Menutut Maselow ada lima kategori tingkatan kebutuhan manusia yaitu, physological needs, safety (security), social (affiliation), esteem (recognition) self (actualization).




Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat, apabila ada kata atau kurang sependapat dari artikel yang saya rangkum diatas silahkan komentar di bawah terima kasih.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "PENGERTIAN INOVASI, KREATIFITAS, DAN MOTIVASI"

  1. Wah sangat menginspirasi, lanjutkan , bikin aspek aspek ya bng

    ReplyDelete
  2. Selalu ada buat di shearch semanget tros buat kedepanya ank muda

    ReplyDelete