PENGERTIAN PRODUK SNI DAN MANFAAT SNI STANDAR NASIONAL INDONESIA


A. PENGERTIAN PRODUK SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA)

SNI (Standar Nasional Indonesia) adalah standar nasional indonesia atau sistem manajemen mutu untuk produk yaitu, standar yang mengatur apakah proses suatu produk yang dihasilkan telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh standar indonesia.

Tingkat kesadaran konsumen tentang melakukan spesifikasi barang sebelum membeli dan tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) masih rendah. Padahal SNI merupakan jaminan atas kepastian kualitas dan keamanan suatu produk. Globalisasi dalam segala sendi kehidupan terlaksanakan karena apa yang terjadi di salah satu bagian dunia akan segera terbesar dan dapat diketahui oleh bagian dunia lainnya. Sehingga semua produk bisa dengan mudah diakses oleh siapapun saja, biak produk yang bermutu maupun tidak bermutu.




B. MANFAAT PRODUK SNI

  1. Kepuasaan pelanggan dengan penyampaian produk secara konsisten dalam memenuhi persyarat persyaratan pelanggan.
  2. Mengurangi biaya oprasional dengan peningkatan berkesinambungan pada proses-proses dan hasil dari efisiensi oprasional.
  3. Peningkatan hubungan pada pemegang kepentingan termasuk para karyawan, pelanggan dan pemasok.
  4. Persyaratan pematuhan hukum dengan pemahaman bagaimana persyaratan suatu peraturan dan perundang-undangan tersebut memiliki pengaruh tertentu pada suatu organisasi para pelanggan
  5. peningkatan pada pengendalian manajemen resiko dengan konsistensi secara terus menerus dan adanya mampu telurus suatu produk dan pelayanan. 
Dilain pihak manfaat bagi pemerintah yang berkewajiban memberikan perlindungan kepada warga negaranya juga memperoleh manfaat melalui penerapan standard ekonomi nasional. Beberapa manfaat lainya diantaranya sebagai berikut :



  • Standar memberikan acuan dasar bagi perlindungan kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan bagi masyarakat
  • Standard menjadi acuan pembentuk kesetaraan perdagangan, atau menjadi penghambat atas ketidak seimbangan perdagangan global.
  • Standard meberikan informasi dasar tentang teknologi know how A yang dikembangkan oleh industri maju, terutama dikaitkan dengan keputusan investasi dan penggunaan sumber daya serta implementasi teknologi. 

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat aamiin apabila ada kata kata atau kurang sependapat silahkan komentar dibawah terimaksih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN PRODUK SNI DAN MANFAAT SNI STANDAR NASIONAL INDONESIA"

Post a Comment