Pengertian Organisasi Kantor dan Prinsipnya

1. Pengertian Organisasi Kantor
Organisasi kantor yaitu suatu tempat dimana diadakannya suatu kegiatan yang teratur adanya penetapan wewenang dan tanggung jawab dari sekelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

2. Prinsip-prinsip oeganisasi kantor
diantaranya adalah :
1. adanya tujuan yang jelas, sehingga apa yang akan di capai sesuai dengan rencana

2. tujuan organisasi dipahami oleh anggota, sehingga semua anggota mengethui kewajiban dan apa yang menjadi haknya serta dapat mengambil keputusan tindakan apa yang akan dilakukan.

3. tujuan oeganisasi harus diterima oleh anggota, karena telah jelas dan dapat diterima , serta dapat menyumbangkan pikirannya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab.

4. adanya prumusan tugas pokok dan fungsi yang jelas, harus tegas dan jelas agar dapat mengetahui bagimanakah berpera sebagai anggota dan apa yang di harapkan organisasi dari anggotanya.

5. prinsip pembagian habis tugas, tugas pokok dan fungsi organisasi terbagi habis dalam unit-unit yang lebih kecil, sehingga tidak ada fungsi yang tidak diurus secara informal dalam organisasi, jadi tidak ada yang terbelangkalai yang dapat menghambat tujuan.

6. prinsip fungsional, unit yang scara fungsional bertanggung jawab atas sesuatu bidang substansif berdiri sndiri pada organisasi yang bersangkutan dan memerlukan kerja sama dengan unit lain.

7. prinsip koordinasi, interasi, dan sinkronisasi, kegiatan organisasi yang hanya menyangkut satu unit organisasi saja, dan diperlukan organisasi yang benar-benar sadar akan pentingnya kerja sama dengan unit lain.

8. prinsip keseimbangan , pelaksanaan tugas yang tepat guna efektif dan berdaya guna efesien serta ekonomis dri kegiatan-kegiatan akan lebih terjamin apabila terdapat keseimbangan program dan pelaksanaan kerja atau operasional.

9. prinsip kesederhanaan, organisasi yang berbentuk sederhana dalam arti dengan tuntutan tugas pkok dan fungsi yang menimbulkan beban kerja, yang menentukan struktur organisasi.

10. prinsip penyesuaian ,prinsip ini pengaturan tata kerja dalam organisasi harus memikirkan tentang perubahan-perubahan yang kemungkinan terjadi pada masa mendatang dan organisasi harus dapat menyesuaikan  diri dengan situasi dan kondisi tertentu.

11. prinsip pendelegasian wewenang secara jelas, dalam organisasi besar dapat dikatakan bahwa pendeglasian wewenang harus sepraktis, dan pendeglasian wewenang tidak boleh berarti pendeglasian tanggung jawab.

12. prinsip pengelompokan tugas yang padu, fungsi-fungsi yang paling berekatan digabungkan dalam satu unit organisasi.

13. adanya kesatuan arah, semua kegiatan sumber-sumber pemikiran, keahlian, dan kemampuan ditunjukan kepada satu arah, yaitu pencapaian tujuan engan cara seefesien dan seekonomis mungkin.

14. adanya kesatuan perintah

15. adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab

16. adanya distribusi tugas pekerjaan, adanya pembagian tugas kepada semua anggota sesuai dengan kemampuan , keahlian dan bakat seseorang

17. pola dasar organisasi harus relatif prersamaan, pola dasar yang perlu dibuat sedemikian rupa sehingga tidak terlalu sering mengalami perubahan.


* Prinsip organisasi dalam kantor dapat disingkat menjadi 5 yaitu : *
a. tujuan yang jelas dan sederhana, harus dirumuskan sehingga dapat dipahami oleh semua anggota.

b. pembagian tugas yang jelas, harusa tegas dan jelas dalam pembagian tugas setiap anggota organisasi, agar dapat mengetahui bagaimanakah berperan sebagai anggota organisasi dan apa yang diharapkan organisasi dri anggotanyta.

c. pelimpahan wewenang dan tanggung jawab, tujuannya meningkatkan rasa ikut memiliki dan bertangung jawab.

d. kesatuan komando, adanya kesatuan perintah dalam tugas organisasi dengan tujuan dengan kesatuan komando dapat diharapkan.

e. jenjang pengawasan, keseluruhan daripada aktivitss-aktivitas kantor dan tindakan unntuk menjamin atau membuat agar semua pelaksanaan dan disertai dengan perbaikan-perbaikan jika terjadi kesalahan-kesalahan dan penyimpangan-penyimpangan dalam organisasi tersebut.


















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Organisasi Kantor dan Prinsipnya"

Post a Comment