Teori Masuknya Islam di Indonesia ada 7

Teori masuknya islam di Indonesia


Isalam masuk ke indonesia melalui 2 jalur yaitu :
  • Jalur utara, rutenya Arab (Mekah dan Madinah) Damaskus-Bagdad-Gujarat (Pantai Barat India)-Srilanka-Indonesia.
  • Jalur Utara, rutenya Arab ( Mekah dan Madinah) Yaman- Gujarat- (Pantai Barat India)- Srilanka-Indonesia.
Ada 7 teori yang mengemukakan Islam masuk ke Indonesia.
Berikut ini adalah teorinya :

1. Teori Mekah 

Menurut Teori ini, yang menyebarkan Islam ke Indonesia berasal dari Mekah-Madinah. Diantara mereka terdapat kelompok Alawiyyyin yang memiliki "Trah Suci" dari Ahlu Bait RAsulullah saw, dari garis keturunan Fathimah Az-Zahra binti REasulullah dan Ali bin Abi Thalib, baik dari keturunan Hasan bin Ali bin Abi Thalib maupun dari Husain bin Ali bin Abi Thalib, baik dari Mekah-Madinah maupun dari Yaman dan sekitarnya.

Para penyebar Islam yang juga menjadi pedagang itu mengarungi lautan lewat Yaman. lalu mereka singgah selama beberapa waktu di Gujarat India, dan sudah melakukan kontak dagang dengan para pedagang dari Malaka.

Para pedagang ini dibakar oleh semangat jihad fii sabillah mereka meneruskan perjalanan ke arah tiomur yakni IOndonesia-Malaysia-Filipina. Itulah sebabnya ketiga wilayah ini memiliki warisan keislaman yang sangat kental sebelum dihancurkan kekuatan asing.

2. Teori Gujarat

Ada 3 pandangan yang menjadi fokus teori ini :

a. Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam ke Nusantara.
b. Hubungan dagang indonesia-India yang sudah lama terjamin.
c. Adanya bukti sejarah tertua tentang islam yang terdapat di Sumatra,yakni batu nisan pada kburuan Sultan Malik Al-Shaleh (wafat 1297)

Menurut sejarawan, relief batu nisan yang terdapat kuburan Sultan Malik Al-Shaleh itu bersifat Hinduistis Bentuknya sama dengan nisan yang ada di Gujarat.
Kota ini menjadi pusat penyebaran islam terutama ke wilayah Asia Tenggara. Di Cambay terdapat banyak sisa bangunan berciri islam yakni mesjid dan arsitekturnya.

3.Teori Persia

Menurut teori ini, bahwa kehadiraan islam di indonesia dibawa oleh pedagang sekaligus mubalig asal Persia. Mereka menganut Syiah, buktinya adanya upacara ritual untuk menghormati syahidnya cucu Rasulullah saw. dari Fathimah Az-Zahra binti Muhammad, Hasan dan Husain bin Ali bin Abi Thalib. Kedua orang mulia ini syahid di Padang Karbala. Hingga ini upacara tersebut masih diselengarakan di beberapa tempat di indonesia.

Teori Persia menitikberatkan ulasannya pada kebudayaan yang hingga kini masih hidup ditengah-tengah masyarakat Indonesia. Kebudayaan memiliki persamaan dengan Persia beberapa yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

a. Peringatan 10 Muharram (Asyura) yang berbentuk "bubur Syura" untuk mengenang wafatnya Hasan-Husain yang syahid di Padang Karbala.

b. Persamaan ajaran Syekh Siti Jenar (Syekh Lemah Abang) dengan ajaran sufi yang di gagas oleh Sufi Iran, Al- Hallaj.

c. Pengunaan istilah bahasa Iran dalam pelafalan huruf Arab untuk tanda-tanda bunyi harakat seperti zabar (fathah), ze-er (kasrah), dan pe-es (dhammah)

d. Nisan di makam Sultan Malik al-Shaleh 1297 di Aceh dan Sultan Malik Ibrahim 1419 di Gresik dipesan dari Gujarat.

Pembahasan teori masuknya islam ke Indonesia dibahas secara lebih mendalam diseminar tentang Sejarah Masuknya Islam di Indonesia . Seminar yang di laksanakan di Medan pada tanggal 17-20 Maret 1963, menghasilkan beberapa keputusan sejarah yang sangat penting , yaitu :

a. Islam masuk ke Indonesia untik pertama kali pada abad pertama Hijriah  (sekitar abad ke 7 atau 8 masehi) yanng langsung dibawa oeh para mubalig dan pedagang dari Mekkah-Madinah.

b. Daerah yang pertama kali  disingahi para penyebar islam adalah wilayah pesisir sumatra yang kemudian membentuk sebuah masyarakat islam, Pemukiman kini berubah menjadi sebuah kerajaan islam pertama bernama kerajaan samudra pasai.

c. Proses  islamisasi melibatkan penduduk lokal yang leih memahami budaya masyarakat setempat.

d. Mubalig yang menyebarkan islam pertama kali adalahh para pedagang , jadi berdagang adalah media untuk penyebaraan islam

e. Penyebaran islam dilakukan secara damai dan disesuaikan dengan "bahasa kaum" 

f. Kedatangan islam di Indonesia bagaimanapun memberi andil yang sangat besar bagi pencerdasan dan pembanmgunan peradaban bangsa indonesia.

4. Teori China

Teori ini berpendapat bahwa proses kedatangan islam untuk pertama kali ke Indonesia itu berasal dari perantau Vhina melalui perdangan , oramg cina sudah berhubungan dengan penduduk indonesia jauh sebelum islam di kenal di indonesia. Ketika masa Hindu-Budha orang-orang China in sudah membaur denganmasyarakat Indonesia. Dalam bukunya Arus China-Islam, Sumanto Qurtuby mengatakan ,menurut catatan masa Dinansti Tang pada tahun 618-960 M di daerah Quanzhou, Zhang- Zhao, Kanton, dan pesisir China bagian selatan disana sudah terdapat sejumlah pemukiman orang-orang islam.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teori Masuknya Islam di Indonesia ada 7"

Post a Comment