Karakteristik Administrasi Kantor serta penjelasannya

Ada abeberapa Karakteristik yang penting dari pekerjaan kantor serta penejelasannya yaitu sebagai berikut :

1. Bersifat Memberi Pelayanan

Artinya melayani pelaksanaan pekerjaan operatif dalam mecapai tujuan organisasi dan memberikan untuk membantu orang-oorang dalam mengerjakan secara efektif.
Misalnya, pekerjaan kantor memberikan bantuan pelayanan data kepada pimpinan-pimpinan puncak untuk menjalankan manajemen perusahaan.
Contohnya :
a. bagian pejualan dibantu dalam pekerjaan menjual produk.
b. bagian permodalan terbantu dalam memelihara bukti tertulis mengenai kedudukan keuna gan perusahaan.
c. bagian produksi dibantu intuk memperbaiki pelayanan dan menentukan biaya-biaya yag lebioh rendah.

2. Bersifat terbuka dan luas

Artinya memberikan kemudahan atau meringankan didalam melakukan aktivitas pekerjaan kantor, karena merupakan media yang sangat penting dalam mencapaitujuan organisasi. Misalnya :
a. memberikan kemudahan dalam menambha output
b. memberikan kemudahan dalam memberikan dorongan kepda pegawai
c. mudah dalam pembelian bahan
d. mudah dalam upah gaji

3. Bersifat merembet ke segenap agian organisasi

Artinya, pekerjaan kantor yang tidak hanya dikerjakan dalam suatu bagian, tetapi dikerjakan dalam tiap-tiap bagian dari sebuah perusahaan. pekerjaan ini akan merembet dari pucuk pimpinan tertinggi sampai kesatuan kerja terawah dan dalam pelaksanaannya dapat mencapai segala tempat dan tidak terbatas dalam  lingkungan kantor, tetapi juga sampai diluar kantor yang bersangkutan.
Misalnya petugas-petugas dapat mengerjakan pekrjan kantor datng ke rumah-rumah untuk menghimpun berbagai keterangan yang diperlukan.

4. Dilaksanakan oleh semua pihak dalam organisasi

Artinya, semua akibat pekerjaan kantor yang terpencar dan merembet kesetiap bagian , maka pekerjaan kantor itu akan dilakukan/dilaksanakan oleh semua orang yang dalam setiap organisasi, dan tidak akan menjadi monopoli kelompok karyawan tertentu, tetapi dikerjakan secraa bersama-sama dalam mencapai tujuan organisasi tersebutu.
Misalnya mulai dari pejabat pimpinan tertinggi sampai kepada pejabat terendah bahkan peawai dan tugas pokok mereka masing-maisng.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Karakteristik Administrasi Kantor serta penjelasannya"

Post a Comment