Strategi Pemasaran Digital
STRATEGI
PEMASARAN DIGITAL
Pemasaran Strategi
adalah proses market-driven dari
pengembangan strategis yang mempertimbangkan perubahan lingkungan dan kebutuhan
untuk menawarkan superior customer value.
– Cravens dan piercy (2003:31-32)
Pemasaran Digital adalah
suatu usaha untuk mempromosikan sesuatu merek dengan menggunakan media diital
yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan.
strategis
pemasaran digital yaitu suatu bentuk usaha melalukan suatu kegiatan secara
terperinci dalam mempromosikan sebuah merek agar tingkat keutungan tinggi.
Proses pemasaran stretegis,meliputi 4 tahapan yaitu sebagai berikut
:
1. Analisis situasi strategis
2. Penyusunan strategis pemasaran
3.m Pengembangan program pemasaran
4. Implementasi dan pengendalian strategis pemasaran.
Seiring waktu semakin berkembang dengan kemajuan teknologi
yang di barengi dengan teknologi dan informasi yang semakin diakses siapa saja.
Apalagi media sosial yang sangat di minati dan menimbulkan peluang pemasaran
baru lewat media sosial dengan memanfaatkan jaringan dari setiap media sosial
agar pemasaran lebih terarah dan yang paling utama adalah mengurangi biaya
pemasaran sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan.
Internet marketing, online marketing, internet advertising adalah pemasaran produk
atau layanan melalui internet yang mampu memberikan keuntungan unik dengan
meminalisasi budget dan menjangkau
distribusi informasi global yang mana diera sekarang orang lebih cenderung yang
instan.
Tipe pemasaran digital
mencakup banyak teknik dan prakatik yang terkandung dalam kategori
pemasaran internet. Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis,
humaris, antropologi dan teknologi yang akan menajdi media baru dengan
kapasitas besar, interaktif dan multimedia.
Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriminan, yaitu :
1. Tarik
Pemasaran ini melibatkan konsumen untuk mencar, melihat, dan
mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari.
Kelebihan:
- Tidak memerlukan teknologi cangih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
- Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
- Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali
- Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.
Itulah kelebihan dari Tarik
2. Dorong
Pemasaran ini memberikan informasi kepada konsumen dengan
melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam
bentuk e-mail,panggilan ponsel, SMS, MMS,RSS, dan lain-lain.
kelebihan:
- Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
- Memilih sasaran konsumen secara khusus
Kekurangan:
- Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan e-mail atau SMS yang bersifat promosi dan iklan.
Media yang dapat digunakan dalam digital marketing :
- Notifikasi SMS
- Telemarketing
- Media sosial (BBM,WA,line, path, instagram, dan media lainnya)
Dalam aktivitas
pemasaran baik konvensional maupun digital terdapat istilah AIDAS yaitu :
1. Awareness (kesadaran), dalam dunia digital pemasar
membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu dimedia
online seperti Yiziep.com.
2. Interest (ketertarikan), ketertarikan muncul setelah
membangun kesadaran pada konsumen. Komsumen dapat mencar tahu tentang produk
mesinnpencari (Google, Yahoo) jejaring sosial (Facebook),Twiter).
3. Desire (keinginan), Timbul keyakinan pada konsumen
sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa.
4. Action (tindakan), Tahap terakhir sebagai penentu dari
pihak konsumen terhadap produk atau jasa.
5. Satisfaction (kepuasan), tahap dimana tindakan yang
diambil oleh konsumen memberikan nilai kepuasaan atas produk yang dibelinya
serta dalam penggunaanya sehingga akan menimbulkan loyalitas pelanggan atau
malah pelanggan yang berpindah karena merasa tidak puas.
0 Response to "Strategi Pemasaran Digital"
Post a Comment