Strategi Pemasaran Digital


STRATEGI

PEMASARAN DIGITAL

Pemasaran Strategi adalah proses market-driven dari pengembangan strategis yang mempertimbangkan perubahan lingkungan dan kebutuhan untuk menawarkan superior customer value. – Cravens dan piercy (2003:31-32)

Pemasaran Digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sesuatu merek dengan menggunakan media diital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu dan relevan.

strategis pemasaran digital yaitu suatu bentuk usaha melalukan suatu kegiatan secara terperinci dalam mempromosikan sebuah merek agar tingkat keutungan tinggi.

Proses pemasaran stretegis,meliputi 4 tahapan yaitu sebagai berikut :
1. Analisis situasi strategis
2. Penyusunan strategis pemasaran
3.m Pengembangan program pemasaran
4. Implementasi dan pengendalian strategis pemasaran.

Seiring waktu semakin berkembang dengan kemajuan teknologi yang di barengi dengan teknologi dan informasi yang semakin diakses siapa saja. Apalagi media sosial yang sangat di minati dan menimbulkan peluang pemasaran baru lewat media sosial dengan memanfaatkan jaringan dari setiap media sosial agar pemasaran lebih terarah dan yang paling utama adalah mengurangi biaya pemasaran sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan.

Internet marketing, online marketing, internet advertising adalah pemasaran produk atau layanan melalui internet yang mampu memberikan keuntungan unik dengan meminalisasi budget dan menjangkau distribusi informasi global yang mana diera sekarang orang lebih cenderung yang instan.


Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan prakatik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humaris, antropologi dan teknologi yang akan menajdi media baru dengan kapasitas besar, interaktif dan multimedia.



Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan cara pengiriminan,  yaitu :

1. Tarik

Pemasaran ini melibatkan konsumen untuk mencar, melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari.

Kelebihan:
  • Tidak memerlukan teknologi cangih untuk mengirimkan konten, hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
  • Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena semua ditentukan oleh konsumen.
  • Tidak ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali
  • Bersifat pasif karena mengandalkan mesin pencari.

Itulah kelebihan dari Tarik

2. Dorong

Pemasaran ini memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk e-mail,panggilan ponsel, SMS, MMS,RSS, dan lain-lain.

kelebihan:
  • Pesan yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
  • Memilih sasaran konsumen secara khusus

Kekurangan:
  • Timbulnya isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan e-mail atau SMS yang bersifat promosi dan iklan.


Media yang dapat digunakan dalam digital marketing :
  •  Email
  • Notifikasi SMS
  • Telemarketing
  • Media sosial (BBM,WA,line, path, instagram, dan media lainnya)


Dalam aktivitas pemasaran baik konvensional maupun digital terdapat istilah AIDAS yaitu :

1. Awareness (kesadaran), dalam dunia digital pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu dimedia online seperti Yiziep.com.

2. Interest (ketertarikan), ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Komsumen dapat mencar tahu tentang produk mesinnpencari (Google, Yahoo) jejaring sosial (Facebook),Twiter).

3. Desire (keinginan), Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa.

4. Action (tindakan), Tahap terakhir sebagai penentu dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

5. Satisfaction (kepuasan), tahap dimana tindakan yang diambil oleh konsumen memberikan nilai kepuasaan atas produk yang dibelinya serta dalam penggunaanya sehingga akan menimbulkan loyalitas pelanggan atau malah pelanggan yang berpindah karena merasa tidak puas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi Pemasaran Digital"

Post a Comment