MEMAHAMI KARAKTERISTIK PEMBELI DAN PENGGUNA

Ada tiga macam karaktristik yang bermanfaat dalam mendeskripsikan pembeli suatu produk atau kelas produk tertentu yaitu :

a. Lokasi (Geografis)
tingkat pembeli berbagai produk dapat dipengaruhi oleh faktor iklim, kepadatan penduduk, tradisi budaya, dan faktor-faktor lain yang bervariasi menurut daerah.

b. Demografis
Usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga merupakan sebagian karakteristik yang dapat mencairkan para pembeli suatu bentuk produk tertentu.

c. Gaya Hiudp
Ukuran gaya hidup atau faktor psikografis mencerminkan kesesuaian antara produk dengan pola hidup digambarkan lewat tiga indikator utama, yaitu (bagaimana orang menggunakan waktunya), interest (apa saja yang penting bagi mereka), dan opinioan (apa pendapat mereka tentang diri sendiri dan lingkungan sekitarnya). Dengan demikian, ukuran gaya hiudp menunjukan pengaruh kekuatan sosial terhadap proses konsumsi.






Baca juga yang ini agar lebih tau lagi..


PUSAT PEMBELIAN

Pusat pembelian untuk suatu produk terdiri dari semua individu yang terlibat dalam keputusan, pemeliaan pada kenyataannya, seringkali pembeli aktual bukanlah pengguna produk atau jasa, bahkan juga bukan pengambil keputusan kunci, Oleh karena itu manager harus mengidentifikasi pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembelian dan memahami kekuatan pengaruh (power) yang dimiliki oleh masing masing individu.

Dalam proses keputusan pembelian konsumen akhir, ada lima macam peran yang bisa di mainkan setiap individu, di antaranya yaitu sebagai berikut :
  1. INITIATOR yaitu, orang yang memprakarasi atau mengidentifikasi kebutuhan pembelian produk tertentu.
  2. INFLUENCER yaitu, orang yang mempengaruhi keputusan dalam pembelian.
  3. DECIDER yaitu, orang yang memutuskan pembelian seperti jadi tidaknya membeli suatu produk atau merek spesifik yang dipilih, tempat pembelian
  4. BUYER yaitu, orang yang melakukan pembelian aktual
  5. USER yaitu, orang yang memakai atau mengkonsumsi produk yang di beli.



Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat aamiin, apabila ada kata-kata yang salah atau kurang sependapat dari artikel di atas silahkan komentar di bawah terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMAHAMI KARAKTERISTIK PEMBELI DAN PENGGUNA"

Post a Comment