MACAM MACAM PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS) YAITU

Istilah penyakit menular seksual makin banyak digunakan, karena memilki cakupan pada orang yang mungkin terinfeksi dan menginfeksi orang lain dengan tanda tanda kemunculan penyakit. Penyakit menular seksual juga dapat ditularkan melalui jarum suntik, kelahiran, dan menyusui. Berikut ini beberapa jenis penyakit menular seksual (pms) 





1. GONORE

Gonore di sebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang mudah tumbuh dan berkembang di daerah saluran reproduksi, termasuk di leher rahim, uterus (rahim) dan di tuba fallopi pada wanita, dan di saluran urin (uletra) pada pria dan wanita Neisseria gonorrhoeae juga mudah tumbuh di mulut, tenggorokan, mata dan anus. 

GONORE adalah penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi, Centers for diseases control (CDC) memperkirakan lebih dari 700.000 juta orang di amerika serikat yang mengalami infeksi gonoorrheal setiap tahunnya. Hanya setengah dari kasus itu yang di laporkan ke CDC. 

Gejala penyakit kelamin gonore adalah penyakit kulit melepuh, rasa terbakara atau gatal saat buang air kecil. Jika tidak di obati gonore dapat menimbulkan infeksi pada jantung dan otak. Obat umum yang di gunakan  menyembuhkan penyakit gonore adalah jenis antibiotika dan harus dengan resep dokter.

2. KLAMIDIA

Klamidia (Chlamydia) adalah penyakit menular seksual nomor satu paling banyak diderita orang amerika. Penyakit ini di desebabkan oleh bakteri chlamydia trachoomatis yang dapat merusak organ reproduksi wanita. Umumnya gejala Klamidia tergolong ringan atau bahkan tanpa gejala sama sekali. Namun jika terjadi komplikasi yang serius, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksi dan menyebabkan kemandulan.

Pada peria tanda-tanda klamidai terlihat dari keluarnya cairan dari penis, timbul rasa nyeri saat kencing, dan pembengkakan pada testis, pada wanita gejala klamidia adalah nyeri perut bagian bawah, merasa sakit saat berhubungan seks dan terjadi pendarahan tidak teratur selama haid

3. SIFILIS

Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS), yang di sebabkan oleh bakteri Treponema palidum. Sangat sulit membedakan penyakit ini dengan penyakit lain karena memiliki tanda dan gejala yang sama. Gejala awal Sifilis dimulai dengan terjadinya lecet yang tidak sakit pada penis dan selanjutnya akan berkembang secara bertahap selama 30 tahun. Sefilis dapat menimbulkan penyakit jantung, kerusakan otak dan kebutaan pada penderita. Meskipun banyak antibiotik yang dapat menyembuhkan sifilis tapi sangat sulit menyembuhkan kerusakan yang ditimbulkan penyakit kelamin yang satu ini. 

4. HERPES GENITAL

Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh virus herpes simplek tipe 1 (HSV-1) dan tipe 2 (HSV-2). Pada kebanyakan harus, Herpes genital di sebabkan oleh HSV-2. Seperti jenis penyakit kelamin lainnya, Hepres terkandung muncul tanpa gejala tertentu tetapi mereka tetap bisa menular orang lain. Obat herpes adalah ACYDOVIR (ZOVIROX), obat ini dapat meringaankan gejala herpes tetapi menyembuhkan. 


5. HEPATITIS B

Hepatitis B adalah kuman (virus) yang masuk ke tubuh dan menyerang hati. Hati berfungsi untuk membantu tubuh mencerna makanan, menyimpan energi dan menyingkirkan racun. Beberapa kasus Hepatitis B dapat menyebabkan kerusakan hati ( sirosis ). Hepatitis B juga dapat menyebabkan kanker hati, yang dapat menyebabkan kematian. Hepatisis B adalah salah satunya penyakit menular seksual (PMS) yang dapat dicegah melalui vaksinasi.




Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat aamiin. Apa bila ada kata kata yang salah atau kurang sependapat dari artikel diatas silahkan komentar di bawah terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MACAM MACAM PENYAKIT MENULAR SEKSUAL (PMS) YAITU"

Post a Comment