JENIS JENIS KONFLIK DAN DAMPAK AKIBAT KONFLIK

Konflik itu sendiri merupakan proses yang dimulai jika salah satu pihak merasakan bahwa pihak lain telah merasakan, atau mempengaruhi secara negatif dan akan segera memengaruhi secara nengatif. Menurut Badan Eunson (Conflict Management, 2007) terdapat beragam jenis konflik, diantaranya sebagai berikut :
  1. Konflik Vertikal, yang terjadi antara tingkat hierarki, seperti manajemen puncak dan manajemen menengah. Bentuk konflik bisa berupa menglokasikan sumber daya secara optimum, mendeskripsikan tujuan pencapaian kinerja organisasi.
  2. Konflik Horizontal, yang terjadi antara orang orang yang bekerja pada tingkat hierarki yang sama dalam perusahan. Bentuk konflik bisa tentang perumusan tujuan yang tidak cocok, alokasi dan efisiensi penggunaan sumber daya.
  3. Konflik Peran berupa kesalah pahaman tentang apa yang harus dikerjakan oleh seseorang. Konflik ini bisa terjadi antar karyawan karena tidak lengkapnnya uraian pekerjaan. pihak karyawan memiliki lebih dari seseorang manajer, dan sistem kordinasi yang tidak jelas.
  4. Konflik di antara staf Lini, yang terjadi antara orang orang yang memiliki tugas yang berbeda misalnya antara devisi pembelian bahan baku dan devisi keuangan, devisi pemasaran dengan devisi produksi.


Baca juga yang ini agar lebih semanget lagi


Selain jenis konflik diatas, konflik juga dapat dikelompokan menjadi :
  • Konflik Destruktif atau Disfungsional yaitu dapat menimbulkan kerugian bagi individu atau organisasi yang terlibat. Misalnya, dua orang rekan kerja yang terus menerus menunjukan permusuhan satu sama lain.
  • Konflik Konstruktif atau Fungsional yaitu, dapat menimbulkan keuntungan bagi individu atau organisasi yang terlibat. Misalnya, dua orang yang sedang bersaing dapat meningkatkan produktivitas kerja mereka. 

Dampak Akibat Konflik

Konflik yang terjadi dapat memberikan dampak atau akibat yang meimbulkan keuntungan dan kerugian, baik bagi pribadi maupun kelompok. Dampak yang ditimbulkan konflik, diantaranya sebagai berikut :
  1. Retaknya persatuan kelompok karena anggotanya berselisih
  2. Dapat menghancurkan harta benda dan jatuhnya korban manusia
  3. Jika kekuatan seimbang maka dapat dicapai dengan proses akomondasi
  4. Akan menimbulkan dominasi bagi pihak yang lebih kuat
  5. Dapat menimbulkan perubahan kepribadian karena tertekan dengan situasi konflik



    Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat aamiin. Apabila ada kata kata yang salah atau kurang sependapat dari artikel di atas silahkan komentar dibawah. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS JENIS KONFLIK DAN DAMPAK AKIBAT KONFLIK"

Post a Comment