PENGERTIAN RASIO LIKUDITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO RENTABILITAS

Raiso Likuditas atau biasa disebut raiso Modal kerja adalah raiso yang digunakan untuk menganalisis posisi keuangan perusahaan dalam jangka pendek serta membantu menajemen untuk mengecek efesiensi modal kerja yang dipakai dalam perusahaan. Untuk menilai posisi keuangan, ada beberapa alat yang digunakan dalam menganalisis, yaitu :
  • Current Ratio, yaitu perbandingan antara jumlah aktiva lancar dan utang lancar. Raiso ini menunjukan nilai kekayaan lancar (yang segera dapat dijadikan uang).
  • Quick Ratio, atau biasa disebut Acid test Ratio adalah perbandingan antara aktiva (aktiva lancar-persediaan) dan utang lancar. Raiso ini merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dengan tidak memperhitungkan persediaan.
  • Cash Ratio adalah rasio yang mengukur kemampuan sesungguhnya untuk memenuhi utang-utangnya tepat pada saatnya, dengan menggunakan perbandingan , yaitu kas ditambah efek dengan utang lancar.





https://yiziep.blogspot.com/2019/07/jenis-jenis-cek-lengkap-semuanya.html


  • Raiso Solvabilitas
Rasio Solvabilitas adalah pengukuran untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar utang perusahaan dalam jangka pendek. Rasio ini menggunakan pengukuran perbandingan antara total aktiva yang dimiliki (aktiva tetap + aktiva lancar) dan total utang (utang lancar + utang jangka panjang).
  • Rasio Rentabilitas 
Rasio Rentabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur laba/keuntungan (profit) yang diproleh dari modal yang digunakan untuk oprasi tersebut (rentabilitas) atau kemampuan perusahaan untuk memperoleh keuntungan

Menghitung Raiso Keuangan 
Dalam mengevaluasi usaha, ukuran yang digunakan untuk mengetahui kinerja adalah dengan menggunakan instrumen. beberapa instrumen yang dapat digunakan, diantaranya yaitu :
  1. Likuiditas usaha
  2. Leverage usaha
  3. aktivitas usaha
  4. profitabilitas usaha
  5. pertumbuhan usaha 
Biasanya, evaluasi yang dilakukan adalah ditunjukan untuk mengetahi tingkat keberhasilan atau kemunduran usaha. selain itu, evalusi bisa juga menggunakan analisis rasio.
Analisi Rasio bersifat Future oriented. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus mampu menyesuaikan faktor-faktor yang ada dengan faktor di masa yang akan datang. Dengan mengunakn analisis rasio keuangan dimungkinkan untuk mengetahui dan menentukan tingkat lidukasi, solvabilitas dan keefektifan oprasi serta tingkat laba (profitability) usaha.

sekian artikel yang saya bahas kali ini, kalo ada kata kata dan kurang sependat dari rangkumannya silahkan komentar dibawah. terimakasih 🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN RASIO LIKUDITAS, RASIO SOLVABILITAS DAN RASIO RENTABILITAS"

Post a Comment