PENGERTIAN REKREASI DAN JENIS JENIS REKREASI

1. Pengertian Rekreasi

        Rekreasi berasal dari bahasa latin yaitu, creature, yang secara harfiah berarti "mencipta" lalu diberi awalan "re" sehingga lebih bermakna " pemulihan atau penyegaran daya cipta " reaksi merupakan sebuah aktivitas yang sering dilakukan selain bekerja. Biasanya rekreasi dilakukan pada waktu lenggang. Selain secara bahasa, reaksi dapat dipahami melalui tiga pengertian yang pertama, reaksi diartikan sebagai kegiatan penyegaran kembali tubuh dan pikiran atau sesuatu yang menggembirakan serta menyegarkan hati. Piknik adalah salah satu bentuk dari reaksi. Kedua reaksi adalah kegiatan yang dilakukan guna untuk menyegarkan kembali fisik dan mental dari aktivitas kesaharian. Sehingga dapat meningkatkan daya reaksi di dalam mencapai keseimbangan kerja dan istirahat. Ketiga, reaksi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk memperoleh kesenengan dan kepuasan.


https://yiziep.blogspot.com/2018/01/manfaat-sikap-dan-perilaku-kerja.html







Jenis Jenis Reaksi
Berkaitan jenisnya, rekreasi dapat diwujudkan dengan melakukan hal hal sebagai berikut :

  A.Peristiwa
peristiwa atau sering dikenal dengan istilah turisme merupakan perjalanan yang dilakukan untuk tujuan rekreasi atau belibur, Wisatawan atau turis adalah orang yang melakukan perjalanan sekurang kurangnya 50 mil- 80 kilometer dari rumahnya dengan tujuan berekreasi
B. Olahraga 
Olahraga merupakan aktivitas melalui tubuh seseorang secara fisik, mental, serta rohani. Berdasarkan jenisnya, terdapat olahraga tradisional serta moderen.
C. Permainan
Permainan merupakan aktivitas bersenang- senang dalam mengisi waktu luang melalui olahraga ringan yang dapat dilakukan secara program maupun perkelompok. Permainan ada yang dibatasi oleh umur,seperti jenis permainan untuk anak anak dan orang dewasa. Namun, ada pula permainan yang tiak dibatasi umur atau cocok untuk segala usia, baik anak anak, remaja, maupun orang dewasa.
D. Hobi 
Secara bahasa Hobi merupakan kata serapan dari bahasa inggris, hobby. Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan diwaktu luang untuk menenangkan pikiran. Adapun tujuan menyalurkan hobi adalah memenuhi keinginan sekaligus memperoleh kesenengan.
CIRI CIRI REKREASI 
Rekreasi memiliki ciri ciri umum yang setidaknya mencakup beberapa hal sebagai berikut :
  • Bersifat fisik, mental, dan emosional.;
  • Bersifat fleksibel, tidak dibatasi oleh tempat, dan bisa dilakukan secara perorangan maupun berkelompok.
  • Dapat membangkitkan rasa bahagia, gembira, seneng atau puas;
  • Dilakukan diwaktu senggang;
  • Bebas dari paksaan;
  • Tidak memiliki bentuk atau macam tertentu;
  • Dibutuhkan secara universitas(tidak dibatasi oleh lapisan tertentu)
 Dalam pemahaman yang lebih luas, sebenernya rekreasi dapat dilakukan tidak hanya pada waktu senggang atau akhir pekan. Caranya, seperti mendatangi gedung kesenian acara konser, taman, pantai, danau, dan sebagainya, Bahkan rekreasi pun dapat dilakukan ditempat kerja pada waktu istirahat, misalnya dengan mendengarkan musik kesukaan, mendatangi kebun, atau bersantai di halaman kantor.. Rekreasi dapat diartikan sebagai aktivitas menyalurkan kesenengan, Oleh karena itu, mengoleksi barang- barang antik juga termasuk dalam katagori rekreasi,




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN REKREASI DAN JENIS JENIS REKREASI"

Post a Comment