PENGERTIAN DIFERENSIASI PRODUK MENURUT PARA AHLI;




 
Untuk mendapatkan tempat di hati konsumen, perusahan harus didukung dengan diferensiasi yang kuat. Terutama jika produk atau jasa bersaing di pasar yang ketat. Diferensiasi akan membuat perusahan lebih dikenal oleh konsumen.
Apa itu Diferensiasi? Berikut akan diterangkan apa itu diferensiasi dengan bahasa yang mudah dipahami. Diferensi adalah penawaran produk perusahaan yang memiliki sesuatu yang lebih baik, lebih cepat da lebih murah yang akan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan dibandingkan produk pesaing. (Kotler, 2002).
  1. Menurut Hermawan kartajaya (2004: 148), Diferensiasi produk adalah merancang seperangkat perbedaan dalam hal konten, konteks, dan instruktur.
  2. Menurut Ted Levitt yang dikutip oleh jack trout dan diterjemahkan oleh Alvira (2001: 26), Mengatakan bahwa Diferensiasi produk adalah satu dari strategi dan aktivitas taktis yang paling penting dab harus sering dilakukan secara terus menerus oleh perusahaan.
  3. Menurut Michael Porter (1998; 15) Dalam melaksanakan strategi diferensiasi produk, perusahan harus memiliki atribut yang berbeda dengan atribut pesaing yang memang dipandang penting oleh banyak konsumen
  4. Menurut Dickson dan Ginter, diferensiasi produk, adalah pandangan (persepsi) pembeli mengenai produk yang di tawarkan perusahaan dibandingkan dengan karakteristik produk fisik maupun nonfisik pesaing termasuk harga.
Berdasarkan dari beberapa difinisi di atas, dapat diambil suatu secara keseluruhan mengenai definisi diferensiasi produk. Diferensiasi produk adalah suatu strategi perusahaan untuk membedakan produk perusahaan dengan produk pesaing mengenai atribut produk termasuk harga yang pandang penting oleh banyak konsumen.
Untuk menciptakan diferensiasi yang kuat perusahaan harus berkonsentrasi pada tiga hal, yaitu sebagai berikut:
       a. Konten (What to Offter)
 Konten (what to offter), yaitu "apa" value yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan. Jadi perusahaan membedakan diri dengan pesaing berdasarkan "apa" yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan.
       b. Konteks (How to Offter)
Dalam hal ini,perusahaan membedakan diri dari pesaing berdasarkan pada "bagaimana" cara perusahaan menawarkan value atau nilai tersebuut kepada pelanggan.
       c.Infrastruktur (Enabler) 
Infrastruktur (enabler), yaitu faktor faktor yang mendukung terlaksananya diferensiasi konten maupun konteks di atats. Infrastruktur ini menunjukan perbedaan terhadap pesaing berdasarkan kemampuan teknelogi, kemampuan sumber daya manusia, dan fasilitas yang dimiliki untuk mendukung terlaksananya diferensiasi konten dan kontaks di atas, Singkatnya. Infrastruktur adalah semua hal yang anda miliki yang bisa menciptakan perbedaan "apa" yang perusahaan tawarkan dan "bagaimana" cara perusahaan menawarkan kepada pelanggan.
Perusahaan akan melakukan diferensiasi terhadap para pesaingnya jika perusahaan tersebut telah berhasil menampilkan keunikan yang dinilai penting oleh pelanggan, selain dengan penawaran harga yang rendah, di mana telah banyak dilakukan oleh perusahaan atau pesaing
Diferensiasi dapata dilakukan dengan penawaran harga tinggi, sehingga perusahaan yang melakukan diferensiasi harus merancang serangkaian perbedaan berarti untuk membedakan tawaran yang diberikan perusahaan drengan tawaran pesaing.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN DIFERENSIASI PRODUK MENURUT PARA AHLI;"

Post a Comment