Pengembangan Produk Baru dan Jenis Jenis Produk Baru

  1. Produk Baru
      Produk baru diartikan sebagai produk baru bagi perusahaan, modifikasi dari produk yang sudah ada, duflikat dari produk, pesaing, produk yang diakuisisi, dan produk asli inofativ. Produk baru diperkirakan bisa memberi sebuah proporsi yang tinggi bagi pertumbuhan perusahaan dan kandang - kandang memberikan kontribusi utama terhadap laba bisnis keseluruhan.

     Dalam perencanaan, produk harus dipandang sebagai pemecahan masalah bagi konsumen, dimana jika seorang konsumen membeli sebuah produk mereka dapat manfaat dari penggunaan produk tersebut. Namun yang terpenting di sini adalah bagaimana konsumen percaya bahwa suatu produk dapat memenuhi kebutuhannya, bukan bagaimana penjual memandang produk tersebut. Jika kebutuhan konsumen sudah terpenuhi, diharapkan timbul kepuasan dalam diri mereka sehingga di masa yang akan datang mereka akan melakukan pembelian berikutnya terhadap produk yang sama.


  Beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan produk baru, di antaranya :
  • Pengetahuan tentang kebutuan dan keinginan konsumen lengkap
  • Sumber daya yang mendukung terhadap pengembangan produk baru
  • Perkiraan penyimpangan produk baru dalam memenuhi pasar sasaran
  • Perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam pengembangan dan produksi terhadap produk baru
  • Antisipasi terhadap reaksi para pesaing
  • Kapan waktu yang paling tepat untuk melancurkan produk baru
  • Jasa terkait sebagai pendukung produk baru
    2. Jenis Jenis Produk Baru
  Perkenalan barang atau jasa baru diklafikasikan menjadi :
  1. Informasi transformasional, yaitu produk yang secara radikal baru dan penciptaan nilai yang substansial
  2. Inovasi substansial, yaitu produk yang secara signifikan baru dan menciptakan nilai penting untuk konsumen
  3. Inovasi inkremental,yaitu inovasi produk baru yang menyediakan peningkatan performa atau nilai yang diterima lebih baik ( atau biaya lebih rendah ) 
 Sebuah perusahaan yang berinisiatif mengembangkan produk baru dapat melalukan inovasi dalam satu atau lebih dari ketiga katagori di atas. Kenyataanynya, banyak produk baru merupakan perluasan dari jalur produk yang ada dari total produk baru yang dihasilkan.


Sekian artikel yang dapat saya sampaikan apabila ada kata atau jawaban yang kurang sependapat sialahkan komentar di bawah. Terima kasih  🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengembangan Produk Baru dan Jenis Jenis Produk Baru"

Post a Comment