PENGERTIAN MEREK MENURUT PARA AHLI KOTLER DAN AMSTRONG ( 2008 : 275 )

  1. Pengertian merek
     merek menjadi tanda pengenal bagi penjual atau pembuat suatu produk atau jasa. Jadi merek secara jelas akan mengidentifikasi penjual atau pembuat produk atau jasa tersebut. Merek juga dipercaya sebagai motif pendorong konsumen, karena merek bukan hanya  apa yang tercetak di dalam produk ( kemasannya ), tetapi merek termasuk apa yang ada di benak konsumen dan bagai mana konsumen mengasosiasikannya.


Sebuah merek yang terkenal dan terpercaya merupakan aset yang tidak ternilai. Keahlian yang paling unik dari pemasaran profesional adalah kemampuannya untuk menciptakan, memilihara, dan melindungi serta meningkatkan merek. Para pemasar menyataken, pemberian merek adalah seni dan bagian paling penting dalam pemasaran.

Merek juga merupakan atribut produk yang dapat digunakan untuk menumbuhkan pandangan yang positif pada konsumen dan konsumen percaya setelah menilai atribut yang dimiliki suatu merek : persepsi atau pandangan yang positif dan kepercayaan konsumen terhadap suatu merek terseut akan menciptakan citra merek.





Para ahli memiliki pendapat dan pemikiran yang berbeda mengenai pengetian dan merek. Berikut ini beberapa pengertian dari merek.

     Menurut Kotler dan Amstrong ( 2008 : 275 )
"Merek adalah nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasi dari semua ini yang memperlihatkan identitas produk dan  jasa dari satu penjual atau sekelompok penjual dan membedakan produk itu dari produk pesaing. " 

     Menurut Tjiptono ( 1997 : 104 )
"Merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol / lambang, warna, gerak, atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing."

Okay diatas banyak kita pelajari bahwa dalam kehidupan shari hari kita saat ini. Hampir selalu kita dikelilingi oleh berbagai merek. Lihat saja ketika kita tidur diatas kasur bermerek, saat kita bangun dan  mandi pagi, kita gunakan sabun yang bermerek.

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi semuanya, apabila ada kata atau kurang sependapat silahkan komentar di bawah. Terima kasih







 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN MEREK MENURUT PARA AHLI KOTLER DAN AMSTRONG ( 2008 : 275 )"

Post a Comment