Langkah Langkah Segmentasi pasar Menurut Kotler, ada tiga tahap dalam segmentasi pasar yaitu

Menurut Kotler, ada tiga tahap yang harus dilakukan dalam segmentasi pasar yaitu :
  1. Tahap survey (survey stage)
Tahap survey (survey stage) merupakan tahap melakukan eksplorasi, baik melalui focus group discussion atau dengan wawancara terhadap beberapa kelompok konsumen untuk  memperoleh keterangan mengenai motivasi, sikap, dan perilaku. Wawancara dilakukan untuk mencari penjelasan, sedangkan pengamatan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang motivasi, sikap dan prilaku konsumen. Dengan adanya gambaran awal tentang preferensi konsumen, peneliti dapat mengenali lebih lanjut dengan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data tentang
  • Atribut produk
  • Kesadaran merek
  • Pola-Pola pemakaian produk
  • Sikap terhadap katagori produk
  • Demografis, geograpis, dan psikografis  


       http://arenastatistics.com


     2. Tahap Analisis (analiysis stage)

Tahap Analisis (analysis stage) merupakan tahap analisis terhadap informasi yang telah diproleh melalui survey. Analisis dapat dilakukan dengan menerapkan analisis faktor variabel variabel mana yang berkelorasi tinggi kemudian menerapkan analisis kluster untuk menciptakan atau mengetahui kelompok kelompok pasar yang secara segnifikan memiliki perbedaan karakteristik

    3. Tahap pembentukan (Profilling stage)

Tahap pembentukan (profilling stage) merupakan tahap untuk mengidentifikasi profil masing masing kluster yang terentuk. Dengan ini akan teridentifikasi perbedaan masing masing kluster berdasarkan sikap dan perilaku, demogratif, piskogratif, kemudian masing masing cluster diberi nama berdasarkan karakteristik yang menonjol.


Sekian Artikel yang dapet saya sampaikan, apabila ada jawaban yang kurang silahkan comentar di bawah. Terimakasih 🙏







  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah Langkah Segmentasi pasar Menurut Kotler, ada tiga tahap dalam segmentasi pasar yaitu"

Post a Comment