KEUTAMAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI PENGGANTI SEDEKAH



    Keutamaan shalat dhuha memiliki nilai seperti amalan, sedekah dan setiap harinya untuk setiap ruas tulang manusia.Tulang manusia bejumlah 360. ya, semua itu bisa kita lakukan cukup dengan melakukan  dengan dua rakaat shalat Dhuha.









    " Pada setiap tubuh manusia diciptakan 360 persendian dan seharusnya orang yang bersangkutan ( pemilik sendi ) bersedekah untuk setiap sendinya . lalu, para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, siapa yang sanggup melakukannya ? Rasulullah saw menjelaskan, membersihkan kotoran yang ada di masjid   atau menyingkirkan sesuatu ( yang dapat mencelakakan orang ) dari jalan. Apabila Ia tidak mampu , shalat dhuha dua rakaat dapat menggantikannya " ( HR. Ahmad bin Hanbal dan Abu Daud )


Satu hal Yang sangat saya  mengagumkan ! , dalam hadis tersebut adalah: disebutkan jumlah persendian  pada tubuh manusia dengan detail, yaitu sebanyak 360 sendi padahal, pada zaman itu belum bekembang ilmu anatomi tubuh yang mempelajari jumlah kerangka tulang berserta sendi sendi di dalamnya


Dalam hadis tersebut , Imam Ibnu Hajar dalam fatha Al-Bahri  mengatakan bahwa salah satu diantara keutamaan shalat Dhuha adalah diberikan , pahala bersedeka , untuk seluruh sendi, manusia setiap hari. Dan, jumlah sendi itu adalah 360, betapa banyaknya nilai pahala shalat dhuha bukan? 

Tak bisa kita bayangkan betapa makmurnya pahala seorang mukmin jika rajin melakukan shalat dhuha  setiap paginya.kalu kita rutin melakukan shlat dhuha setiap pagi , kita seakan akan mendapatkan pahala sebanyak pahala yang kita terima jika memberikan sedekah kepada seluruh persediaan tubuh yang berjumlah 360 pahala, betapa besarnya pahala yang bisa kita kumpulkan jika tidak pernah terputus melaksanakan shalat dhuha sepanjang hidup.


Shalat dhuha memang bukan segalanya. Shalat dhuha bukan satu-satunya asupan yang dapat memenuhu kebutuhan persendian ruhani kita.


  • orang yang mengerjakan dua rakaat shalat dhuha akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai
sekian artikel yang saya bahas kalo ada kata kata yang salah mohon di maklumi ,dan semoga bermanpaat bagi pembaca maupun bagi diri saya sendiri, sekian terimakasih....















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEUTAMAAN SHALAT DHUHA SEBAGAI PENGGANTI SEDEKAH"

Post a Comment