KOMUNIKASI BISNIS- MACAM MACAM DAN JENIS JENIS KOMUNIKASI BINIS

https://yiziep.blogspot.com/2020/04/nama-namamalaikat-tugassurat-dalam.html
KOMUNKASI BISNIS

A. KOMUNIKASI BINSIS

Komunikasi bisnis adalah suatu proses pengiriman informasi atau pesan bisnis yang melibatkan pihak - pihak yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut.

B. UNSUR - UNSUR KOMUNIKASI BISNIS

1. Sumber ( komunikator atau sender ) , yaitu pihak yang membuat informasi atau mengirim informasi. Sumber kouminikasi bisa berupa individu, lembaga, kelomppok, atau perusahaan.

2. Penerima (komunikan atau receiver ) , yaitu yang menerima pesan yang berasal dari komunikator. 

3. Pesan ( message ) , yaitu informasi yang disampaikan komunikator  kepada komunikan


4. Media ( channel ) , yaitu alat penunjang yang digunakan dalam berkomunikasi dan berfungsi sebagai untuk menyampaikan pesan. Media pula dapat di kelompokan menjadi :
  • Komunikasi akoptika ( akustik dan optika ) , komunikasi akustik ini  yaitu menggunakan alat indera pendengaran seperti : menggunakan peluit. Sedangkan Komunikasi optik yaitu, komunikasi yang menggunakan indera pengelihatan seperti : menggunakan bendera 

  • Komunikasi grafis , yaitu kegiatan komunikasi menggunakan sarana atau media cetak sebagai alat penyampaian berita/pesan dari komunikator kepada komunikan, contohnya buku, koran, majalah, dan poster

  • Komunikasi elektronika , yaitu kegiatan komunikasi menggunakan sarana atau media elekrtonik atau prangkat telekomunikasi, contohnya telepon, internet, dan radio
  •  
5. Efek ( effect ) , efek adalah pengaruh yang ditimbulkan dari informasi yang diberikan. Efek yang diharapkan oleh sumber, adanya perubahan sikap atau prilaku dari penerima pesan. Misalnya surat penawaran barang bertujuan agar pelanggan tertarik memberi barang kepada perusahaan pengirim pesan. 


C. MACAM MACAM PELANGGAN

1. Pendiam , pelanggan yang cenderung senang memilih barangnya sndiri

2. Talk Active Customers ( cerewet ) , pelanggan ini banyak bertanya dan berbicra meski terkadang tidak sesuai dengan tuuan pembelian.

3. Somong , pelanggan ini agak sulit ditanya atau menerima informasi karena menggangap dirinya tinggi.



4. The Decided Customers , pelanggan ini telah mengetahui dan memutuskan apa yang akan dibeli.

5. The Know It All Customers , pembeli yang mengetahui segalanya adalah tipe yang memiliki wawasan yang cukup baik mengenai produk.

6. The Delibberate Customers , pelanggan ini menghabiskan waktu untuk memilih produk yang paling tepat sehingga banyak bertanya.

7. The Undecided Customers , pelanggan ini tidak dapat dapat memutuskan warna, model, atau merk yang ingn di belinya.

8. The Decided, but Mistaken Customers , seringkali penjual mendapatkan onsumen yang menentukan pembelian barang yang salah, terutama dalam menentukan ukuran.


D. JENIS JENIS KOMUNIKASI


1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang di ungkapkan melalui lisan dan tulisan, komunikasi ini mencakup beberapa aspek :
- Vocabulary ( kata kata ) , yang disampaikan harus mengerti kata katanya oleh pihak lain

- Racing ( kecepatan ) , lebih efektif jika kecepatan bicara dapat diatur dengan baik, yaitu tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat

- Intonasi suara 

- Humor , dalam komunkasi sering di selingi humor tapi sebaiknya tidak boleh berlebihan 

- Singkat dan Jelas 

- Timing ( waktu yang ditepat ) harus memperhatikan dengan baik, yaitu kapan waktunya komunikator berbicara dan memberi jeda, kapan memberi kesempatan jepada komunikan untuk bertanya, dan kapan proses komunikasi tersebut harus di akhiri


2. Komunikasi non verbal

komunikasi nonverbal adalah komunikasi penyampaian pesan tanpa kata kata tetapi menggunakan anggota tubuh dan simbol.
Adapun yang termasuk dalam komunikasi non verbal yaitu :

- Ekspresi wajah

- Kontak mata

- Sentuhan

- Postur tubuh dan gaya berjalan

- Sound 

- Gerak isyarat
















































































Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KOMUNIKASI BISNIS- MACAM MACAM DAN JENIS JENIS KOMUNIKASI BINIS"

Post a Comment