mengenal lingkungan pemasaran makro dan mikro- ilmu manajemen-lengkap-terbaru-yiziep blog



LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO

Lingkungan mikro yaitu kekuatan masyarakat yang lebih luas sertas meempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan dan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap  pemasaran terdiri atas semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi oprasi ndan prestasi perusahaan.

1. Lingkungan demografis atau kependudukan

a) Pertumbuhan penduduk

Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi akan semakin membuka peluang lebih luas.

b) Perbandingan persentase umur

Pesentase pada setip umur akan menentukan peluang bisnis didalamnya, untuk produk yang di tunjukan pada anak-anak  misalnya, Pasar etnis Biasanya mempunyai kecenderungan , preferensi, dan kebutuhan bersama yang unik.

c ) Tingkat lulusan akademik

Cara memasarkan kalangan berpendidikan tinggi akan berbeda dengan cara memasarkan dikalangan pendidikan rendah

e) Pola kehidupan rumah tangga

Di kota kota besar keluarga keluarga muda sudah mulai mandiri dan memiliki rumah serta memisahkan diri dari orangtua

2. Lingkungan ekonomi

Faktor-faktor ekonomi yang secara  tidak langsung berpengaruh terhadap aktivitas pemasaran anatara lain berupa tingkat pendapatan,tingkat inflasi, resesi, tingkat pertumbuhan ekonomi, tahapan pembangunan ekonnomi dan sebaginya.


3. Lingkungan alam

Lingkungan alam meliputi :

       1. Menipisnya sumber daya alam
            Sumber daya alam yang terus dieskploitasi lama kelamaan akan habis.
       2. Meningkatnya biaya
           Peningkatan biaya-biaya ini akan berdampak pada peningkatan biaya                 produksi yang setiap tahun akan semakin signifikan.
       3.  Meningkatya polusi
           Menimbulkan masalah dalam hal kesehtan dan juga kerusakan                          lingkungan.

 4. Lingkungan teknologi

 lingkungan teknologi meliputi :

 a. perkembangan teknologi yang semakin cepat
 b. inovasi teknologi yang terus berkembang
 c. aturan-aturan dalam teknologi

5. Lingkungan politik

Lingkungan politik meliputi :

 a. aturan-aturan dalam sektor industri
 b. tumbuhnya organisasi-organisasi LSm dan buruh

6. Lingkungan sosial budaya.

Perbedaan budaya pada masing-masing negara
Pemahaman budaya pada setiap daerah akan memudahkan pemasar menyesuaikan produk ataupun jasanya sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

 · Kepercayaan, tradisi, dan agama
  Agama memiliki peran yang signifikan karena mengatur mana boleh dan mana  yang tidak dalam hal mengkonsumsi produk ataupun jasa




LINGKUNGAN PEMASARAN MIKRO

Lingkungan mikro yaitu kekuatan masyarakat yang lebih luas sertas meempengaruhi seluruh lingkungan mikro pemasaran perusahaan dan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap pemasaran terdiri atas semua pihak dan kekuatan yang mempengaruhi oprasi ndan prestasi perusahaan.

1.     Lingkungan demografis atau kependudukan

a)     Pertumbuhan penduduk

        Pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi akan semakin membuka                 peluang lebih luas.

b)     Perbandingan persentase umur

        Pesentase pada setip umur akan menentukan peluang bisnis didalamnya,            untuk produk yang di tunjukan pada anak-anak  misalnya

c)      Pasar etnis

       Biasanya mempunyai kecenderungan , preferensi, dan kebutuhan bersama         yang unik

d)     Tingkat lulusan akademik

        Cara memasarkan kalangan berpendidikan tinggi akan berbeda dengan              cara memasarkan dikalangan pendidikan rendah

e)     Pola kehidupan rumah tangga

        Di kota kota besar keluarga keluarga muda sudah mulai mandiri dan                   memiliki rumah serta memisahkan diri dari orangtua

2.     Lingkungan ekonomi

        Faktor-faktor ekonomi yang secara  tidak langsung berpengaruh terhadap aktivitas pemasaran Antara lain berupa tingkat pendapatan,tingkat inflasi, resesi, tingkat pertumbuhan ekonomi, tahapan pembangunan ekonnomi dan sebaginya.

3.     Lingkungan alam

Lingkungan alam meliputi :

       1.     Menipisnya sumber daya alam
               Sumber daya alam yang terus dieskploitasi lama kelamaan akan habis.
       2.     Meningkatnya biaya
               Peningkatan biaya-biaya ini akan berdampak pada peningkatan biaya produksi yang setiap                  tahun   akan semakin signifikan.
      3.     Meningkatya polusi
              Menimbulkan masalah dalam hal kesehtan dan juga kerusakan lingkungan.

4  Lingkungan teknologi
       lingkungan teknologi meliputi :

a. perkembangan teknologi yang semakin cepat
b. inovasi teknologi yang terus berkembang
c. aturan-aturan dalam teknologi

5. Lingkungan politik
        Lingkungan politik meliputi :

a. aturan-aturan dalam sektor industri
b. tumbuhnya organisasi-organisasi LSm dan buruh

6.     Lingkungan sosial budaya.
·       Perbedaan budaya pada masing-masing negara
        Pemahaman budaya pada setiap daerah akan memudahkan pemasar menyesuaikan produk ataupun jasanya sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

·       Kepercayaan, tradisi, dan agama

        Agama memiliki peran yang signifikan karena mengatur mana boleh dan mana yang tidak dalam hal mengkonsumsi produk ataupun jasa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "mengenal lingkungan pemasaran makro dan mikro- ilmu manajemen-lengkap-terbaru-yiziep blog"

Post a Comment