Mengenal penyakit NEUROMA AKUSTIK

Penyakit neuroma akustik merupakan suatu penyakit tumor yang bersifat jinak yang berkembang pada bagian syaraf utama yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan organ otak. Karena syaraf yang terserang penyakit neuroma akustik ini berpengaruh pada keseimbangan serta pendengaran seseorang, maka tekanan yang diakibatkan oleh penyakit ini dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti telinga berdengung, gangguan daya pendengaran serta gangguan pada keseimbangan.
https://yiziep.blogspot.com/2020/03/pengurusan-surat-izin-usaha.html

Pertumbuhan penyakit neuroma akustik umumnya berjalan lambat atau bahkan tidak tumuh membesar ,namun ada beberapa kasus oenyakit neuroma akustik dapat tumbuh dengan cepat sehingga menekan organ otak serta menggangiu berbagai fungsi otak.

Jenis penyakit neuroma akustik memiliki angka kejadian sebnayak 8 kasus dalam 100 kasusu kejadian tumor otak primer. Berbagai efek samping pada masalah kesehatan dapat terjadi dengan adanya penyakit tumor neuroma akustik, meliputi :
- Paralis nervus facialis
Kelumpuhan pada syaraf paralis nervus facialis karena adanya penekanan pada bagian nervus VII oleh adanya pembesaran tumor neuroma akustik.
- Kebocoran cairan cerebrospinal
Tumor neuroma akustik akan tumbuh besar serta menekan otak kecil sehingga meyebabkan hidrocepalus abstruktif, akibat gangguan aliran cairan didalam otak.
- Rasa nyeri pada wajah dan sulit untuk menelan
https://yiziep.blogspot.com/2020/03/analisis-swot-pengertian-contoh-dan.html

Berbagai  penyebab terjadinya neuroma akustik meliputi :
1) Idiopatik
Dapat terjadi secara idiopatik atau masih belum dapat diketahui penyebab pasti dari adanya penyakit neuroma akustik.
2) Neurofibromatosis

Karena adanya perubbahan atauntidak adanya kedua gen supresor tumor pada sel syaraf NF2 pada sel tubuh mereka. Setiap manusia memiliki sepasang gen Nf2 . satu gen di wariskan dari ibu dan satu gen di wariskan  dari ayah. Bila salah satu gen Nf2 ini masih berfungsi maka dapat mencegah pembentukan tumor neuroma akustik. Bila kedua gen NF2 ini berubah atau bahkan ilang pada salah satu mielin sel syaraf vestibular nantinya akan menyebabkan munculnya neuroma akustik.

Berikut ini munculnya gejala neuroma akustik :
- Tinnitus atau telinga berdengung sehingga menyebabkan gangguan pendemgaran
- Gangguan pada keseimbangan tubuh
- Vertigo atau pusing seperti muter keliling-keliling
- Wajah sakit seperti mati rasa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Post a Comment