CARA MENGETAHUI WAKTU SHALAT DHUHA YANG BENAR YAITU ? | Terbaru

Kapan tepatnya waktu shalat Dhuha itu ? Secara istilah kata dhuha berarti "Waktu yang tertentu pada siang hari" yaitu, waktu matahari naik sepenggalan pada pagi hari hingga mendekati siang hari. Berdasarkan petunjuk-petunjuk yang merujuk pada hadis hadis Rasulullah. Waktu shalat dhuha dilaksanakan dari terbitnya matahari kira kira satu bayangan tombak sampai matahari mendekati posisi tepat di atas kepala kita.





Baca juga yang ini agar lebih tau


Dalam bahasa melayu. Waktu dhuha dapat juga di sebut sebagai waktu "sepenggala matahari naik" ini lah pendapat-pendapat yang di pandang benar dan paling tepat, bisa juga dijadikan pegangan. Tetapi waktu yang tepat mengerjakan shalat dhuha yaitu, ketika hari sudah terasa panas, berdasarkan hadis.


Dalam Hadis yang lain Al Bazar meriwayatkan dari hadist tasuban yaitu?

"Sesungguhnya Rasulullah lebih menyukai melakukan shalat dhuha pada pertengahan siang. dan Aisyah bertanya kepada Nabi Muhammad". Ya Rasulullah, mengapa engkau menyukai shalat di saat seperti ini ? Rasulullah menjawab :

"Karena saat seperti ini di bukakan pintu-pintu langit, dan allah dengan penuh rahmat-Nya melihat ciptaan-Nya, dan shalat dhuha itu sudah kebiasaan yang di lakukan oleh para Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim, Nabi Musa dan Nabi Isya"

Ada pendapat lain yang menyebutkan waktu shalat dhuha yang baik adalah mulai pukul 09:00 sampai 11:00 ini berdasarkan beberapa tanda masuknya waktu shalat dhuha sebagaimana dijelaskan oleh hadist hadist di atas

Pertama
Tingginya matahari pagi di sebelah timur kira kira sama dengan ketinggian matahari sore di sebelah barat saat masuknya waktu ashar.

Kedua
Matahari mulai berangsur panas. Jika permulaan waktu ashar dalam ukuran waktu zaman sekarang berkisar antara 15:00 sampai dengan 15:30 Wib, sore hari. Ketinggian matahari pada jam-jam tersebut diperkirakan dengan ketinggian matahari pada pagi hari, pukul 9:00, Wib

Baca juga yang ini agar lebih tau juga



Berapa Rakaat Shalat Dhuha itu ?

Shalat dhuha dilakukan dalam dua rakaat. Sementara itu untuk beberapa jumlah maksimal shalat dhuha ada beberapa pendapat yang berbeda dari para ulama yaitu, ada yang mengatakan jumlah maksimal 8 rakaat, ada yang maksimal 12 rakaat dan ada juga yang berpendapat jumlah rakaat shalat dhuha tidak ada batasnya.

Pelaksanaan Shalat Dhuha yaitu ?

Shalat dhuha dilakukan dua rakaat dan memberikan salam. Jadi ketika kita melaksanakan shalat dhuha lebih dua rakaat, kita tidak melaksanakannya sekaligus sebanyak empat, enam dan bahkan sampai langsung delapan raakaat. Namun tetep dua rakaat dua rakaat saja dengan salam masing masing dua kali. Tentu saja  jumlah rakaat shalat dhuha dilakukan dalam bilangan genap, karena jumlah rakaat dalam bilangan ganjil hanya ada dalam shalat witir, keterangan tersebut dapat dilihat dari riwayat hadist tersebut.


Sekian artikel yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat aamiin. Apabila ada kata kata yang salah atau kurang sependapat dari artikel di atas silahkan komentar di bawah agar saya memperbaiki kalo ada yang kurang. Terima kasih


 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGETAHUI WAKTU SHALAT DHUHA YANG BENAR YAITU ? | Terbaru"

Post a Comment